Term

Artikel dalam blog ini adalah karya asli penulis. Beberapa artikel pernah penulis unggah diblog yang lain sebelumnya, yang pada saat ini blog tersebut telah penulis hapus. Disamping itu, sebagian juga merupakan pindahan tulisan dari web geo.fis.unesa.ac.id mengingat keterbatasan space pada web tersebut. Pembaca diijinkan untuk menyitir artikel dalam blog ini, tetapi wajib mencantumkan nama blog ini sebagai sumber referensi untuk menghindari tindakan plagiasi. Terimakasih

Thursday, October 16, 2014

Geologi Gunungsewu



Gunungsewu termasuk pada sistem zona pegunungan selatan Jawa Timur. Fisiografis dari zona pegunungan selatan tersebut terdiri dari tiga bagian yaitu subzona Baturagung, Panggung Masif, dan Plopoh di bagian utara, Subzona plato Wonosari di bagian tengah, dan Subzona Gunungsewu di bagian selatan. Sebaran zona tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.


Gunungsewu terdiri dari batuan volkanik tertier dan limestone karstik. Subzona bagian utara merupakan batuan volkanik tersier, sementara bagian tengah dan selatan terisi oleh limestone.
Geologi Gunungsewu, Sumber gambar : Kusumayudha, 2009

Pada satuan batuan volkanik tersier terdiri dari formasi Kebo-Butak, formasi Semilir, dan formasi Nglanggran. Satuan batuan ini disebut sebagai kelompok Besole dengan usia antara Oligosen hingga Miosen awal. Batuan kelompok Besole ini mendasari satuan-satuan batuan yang lebih muda yaitu formasi Oyo, formasi Wonosari, dan formasi Kepek yang berbatuan limestone karstik. Satuan batuan ini disebut sebagai kelompok Gunungsewu.

Sumber gambar : Mulyanto dan Surono, 2009


Sumber :
Kusumayudha, 2009. Detecting Springs in the Coastal Area of the Gunungsewu Karst Terrain, Yogyakarta Special Province, Indonesia, Analysis using Fractal Geometry IPTEK, The Journal for Technology and Science, Vol. 20, No. 4, November 2009

Mulyanto, D., dan Surono, 2009. Pengaruh topografi dan kesarangan batuan karbonat terhadap warna tanah pada jalur Baron-Wonosari Kabupaten Gunungkidul, DIY. Forum Geografi. Vol. 23. No. 2. Hal. 181-195.

Purnomo, H., dan Sugeng, 2005. Klasifikasi kawasan karst menggunakan Landsat TM 7 daerah Wonosari, Yogyakarta. Pertemuan Ilmiah MAPIN XIV. 14 – 15 September 2005.

No comments: