Term

Artikel dalam blog ini adalah karya asli penulis. Beberapa artikel pernah penulis unggah diblog yang lain sebelumnya, yang pada saat ini blog tersebut telah penulis hapus. Disamping itu, sebagian juga merupakan pindahan tulisan dari web geo.fis.unesa.ac.id mengingat keterbatasan space pada web tersebut. Pembaca diijinkan untuk menyitir artikel dalam blog ini, tetapi wajib mencantumkan nama blog ini sebagai sumber referensi untuk menghindari tindakan plagiasi. Terimakasih

Sunday, July 28, 2013

Fungsi penting goa karst

Goa adalah satu bentukan endogen yang banyak dijumpai pada wilayah bertopografi karst. Goa karst memiliki peran utama sebagai alur penyebaran air bawah permukaan. Selain hal tersebut goa karst juga sebagai tempat tinggal dari beberapa fauna yang unik seperti kelelawar, udang, kepiting, dan beberapa hewan lain.
Goa memiliki nilai historis yang dapat digunakan untuk mengetahui keadaan masa lampau wilayah tersebut. Beberapa situs goa ditemukan jejak-jejak prasejarah seperti tulang manusia prasejarah, tulang hewan purba, ataupun berbagai peralatan berburu. Pada masa tersebut goa digunakan sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal sehari-hari.
Berbagai speleothem goa seperti stalagtit, stalagmit, dan flowstone memiliki nilai estetis tinggi sehingga goa dapat dijadikan sebagai tempat kunjungan wisata yang sangat menarik. Aktifitas pariwisata saat ini banyak menggiatkan promosi wisata goa baik dalam bentuk wisata umum ataupun wisata khusus. Goa di wilayah Gunungkidul yang saat ini digunakan untuk tujuan wisata seperti Goa Pindul dan Goa Suci serta beberapa goa lainnya.
Sejalan dengan proses pembentukan goa tersebut, goa sering menjadi sumber penyedia air. Kebutuhan air di wilayah karst banyak dipenuhi oleh air yang berasal dari goa-goa. Air diangkat baik secara sederhana oleh penduduk setempat ataupun dipompa menggunakan peralatan modern dalam jumlah yang besar. Eksploitasi air bawah permukaan telah dilakukan seperti di Goa Bribin - Gunungkidul. Contoh lain adalah Goa Cerme dan Goa Pega yang airnya tidak pernah kering walaupun pada musim kemarau.
Alam diciptakan hanyalah untuk kemaslahatan sesama dengan fungsinya masing-masing, maka mari kita jaga kelestariannya ......

No comments: