Term

Artikel dalam blog ini adalah karya asli penulis. Beberapa artikel pernah penulis unggah diblog yang lain sebelumnya, yang pada saat ini blog tersebut telah penulis hapus. Disamping itu, sebagian juga merupakan pindahan tulisan dari web geo.fis.unesa.ac.id mengingat keterbatasan space pada web tersebut. Pembaca diijinkan untuk menyitir artikel dalam blog ini, tetapi wajib mencantumkan nama blog ini sebagai sumber referensi untuk menghindari tindakan plagiasi. Terimakasih

Monday, July 22, 2013

Gunungsewu, Riwayatmu kini



Menurut para ahli, kawasan karst di Gunungsewu memiliki aneka fungsi yang berkaitan erat dengan situs pengembangan iptek, sumberdaya alam hayati dan nirhayati yang memberi nilai ekonomi jangka pendek dan jangka panjang, tatanan sosio-budaya masyarakat setempat yang khas, dan konservasi sumberdaya alam.
Namun selain dari apa yang telah diceritakan ahli tadi, ada hal lain yang sangat merasuk dihati, yaitu kedamaian dan  ketenteraman diantara bukit-bukit gundul yang terlihat gersang.Tanah yang masih jarang tersentuh bau pembangunan menyimpan sejuta misteri. Kering dan panas siang hari beradu dengan lorong-lorong gelap dengan air jernih dibawah permukaan. Keheningan terobek hanya oleh gemerisik daun jati yang jatuh.
Anak-anak bermain disatu lahan sempit dalam sebuah cekungan tak berair. Tanah liat merah menempel di kaki-kaki mereka. Gembira dan ceria yang terpancar dari wajah mereka. Satu dua penduduk meniti jalan setapak menyeruak rumput-rumput gajah yang mulai mengering. Mereka berjuang untuk mendapatkan air dari lorong gua yang masih menyediakan tetesan sejuk dibawah sana. 
Alhamdulillah .... kata-kata yang terucap dari mereka. Rasa syukur yang besar terungkap tidak hanya dari bibir, namun juga wajah mereka yang cerah dibawah terik matahari. Kesederhanaan berlandas ketulusan selalu memancar pada setiap orang itu. Bumiku yang gersang masih kaya dengan harapan, kedamaian, dan keiklasan.

No comments: